shadow_left
Logo
Shadow_R

Griya UMKM

Selamat Datang

Profil

 
 

Berita terbaru

 
umkm.jogja.go.id sebagai fasilitas website bagi umkm jogja Print E-mail
Written by agus maryanto   
Thursday, 21 August 2008

 

HTTP://umkm.jogja.go.id

sebagai fasilitas website bagi umkm jogja 

Tanggal 29 November 2007 lalu, telah dilakukan peresmian website bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Website yang merupakan kerja sama Pemkot Yogyakarta dengan Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Gadjah Mada (PPTIK UGM) ini merupakan salah satu sarana gratis yang diberikan Pemkot Yogyakarta, khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) bagi UMKM yang ada di kota Yogyakarta. Website ini diharapkan dapat membantu promosi dan publikasi bagi UMKM yang seringkali lepas dari perhatian, sehingga usaha mereka dapat lebih dikenal, bahkan oleh dunia Internasional.

Di samping menyajikan infomasi yang berkaitan dengan UMKM dan Disperindagkop Kota, pelaku UMKM juga dimungkinkan memiliki account yang dapat digunakan untuk menginputkan informasi baik berupa publikasi, promosi, maupun informasi lainnya pada website. Selain itu terdapat fasilitas yang sangat menarik, yaitu peta lokasi UMKM yang berbasis GIS dan GPS dengan menggunakan fasilitas dari wikimapia untuk menampilkan gambar kota Yogyakarta secara lebih riil karena diambil dari foto satelit. Dengan aplikasi ini, dapat di tampilkan peta lokasi UMKM dan lokasi-lokasi penting yang ada di kota Yogyakarta, sehingga mempermudah pencarian dan pengenalan UMKM oleh masyarakat luas.

Karena http://umkm.jogja.go.id ini hanya dapat diakses jika ada jaringan internet, maka diperkirakan masih ada, bahkan banyak dari UMKM yang masih belum dapat mengoperasikan dengan baik. Oleh karena itu, Pemkot Yogyakarta melakukan sosialisasi dan pelatihan pengoperasian website kepada kurang lebih 80 UMKM pada tanggal 24 November 2007 di Gedung PPTIK UGM. Sedangkan untuk jaringan internetnya, Pemkot Yogyakarta sudah mengupayakan tersedianya jaringan internet di tempat-tempat tertentu yang dapat digunakan oleh UMKM.

Pemkot mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dan UMKM dalam penyelenggaraan website ini sehingga apa yang menjadi tujuan dibuatnya website ini dapat terselenggara dengan baik. Salah satu di antaranya adalah dengan kesediaan dan kemandirian pihak UMKM untuk mengupdate data mereka masing-masing, sehingga data yang ada pada website dapat dipastikan valid dan up to date. Pihak Pemkot sendiri hanya merupakan pihak yang memfasilitasi dan mengontrol data-data yang ada. Dengan adanya website ini, diharapkan tingkat penggunaan teknologi informasi di kalangan masyarakat yang masih relatif rendah ini dapat meningkat, sehingga kemajuan teknologi informasi dapat dimanfaatkan seara optimal oleh semua kalangan.

 

Last Updated ( Thursday, 21 August 2008 )
 
< Prev   Next >